Monday, November 11, 2013

Gua Krubera (atau Gua Voronya, kadang-kadang disebut Voronja Cave) adalah Gua yang dikenal terdalam di Bumi. Gua ini terletak di Massif Arabika dari Wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia.

Kedalaman dari pintu masuk gua yang telah dieksplorasi adalah sekitar 2.191 m ±20 m (7.188 kaki ± 66 kaki). Gua Krubera terletak sekitar 2.256 m diatas permukaan laut di Lembah Ortobalagan, yang memiliki bentuk sempurna, melalui glasial dari sub-Caucasia.

Gua yang dikenal sebagai Krubera-Voronya, dianggap sebagai "Everest dari gua".Ini menjadi gua terdalam di dunia.
Salah satu pertanyaan menarik di Krubera-Voronya adalah bagaimana gua mencapai suatu kedalaman besar, dengan asumsi bahwa Gua terhubung dengan tingkat yang lebih rendah dari Laut Hitam di masa lalu.

Meski demikian, penjelajah dari berbagai negara turun ke gua Krubera dari waktu ke waktu. Kebanyakan dari mereka ingin menetapkan rekor kedalaman atau mencari tahu apakah gua bisa lebih dalam daripada yang diketahui.

Tujuan dasar dari eksplorasi gua yang pertama dan terutama adalah untuk memahami gua, sistem air bawah tanah, pengembangan geologi dan iklim kuno yang ada di bumi.

Pada tahun 2004, untuk pertama kalinya dalam sejarah Speleological, Asosiasi ekspedisi Ukraina mencapai kedalaman lebih dari 2.000 m, dan menjelajahi gua sampai 2.080 m (6824 kaki). Kedalaman maksimum saat ini 2.191 m, dicapai selama ekspedisi pada bulan Agustus-September 2007. Gua tersebut tetap dikenal mempunyai kedalaman lebih dari 2.000 meter di Bumi.

Pendekatan terhadap kedalaman ekstrim dari gua itu dicapai, dengan menggunakan tali, melalui kompleks jalur ditentukan berdasarkan air mengalir melalui gua.

Beberapa dari tim ekspedisi harus menyelam melalui air dingin (Dua derajat Celsius) dalam rangka mencapai bagian terdalam dari gua.

Massif Arabika, merupakan rumah dari gua Krubera (Voronya), yaitu salah satu dari gunung tinggi dari kapur karst terbesar di Caucasus Barat. Gunung terdiri dari batu gamping yang kedalamannya terus menerus ke barat daya ke arah Laut Hitam.
Di antara beberapa ratus gua yang dikenal di Massif Arabika, lima belas telah dieksplorasi sampai kedalaman lebih dari 400 m dan lima gua sampai kedalaman lebih dari 1.000 m.

Semua Gua besar di Lembah Ortobalagan kemungkinan memiliki sistem hidrologi tunggal, terhubung ke mata air besar di pantai Laut Hitam. Koneksi fisik langsung Gua Krubera dengan Sistem di Arabika kemungkinan benar adanya, meski belum terealisasi secara fisik.

Ada banyak indikasi bahwa sistem gua bawah tanah di seluruh dunia benar adanya. Apa sebenarnya yang terjadi dalam sistem ini adalah sebuah misteri.

Gua Krubera belum cukup diteliti, tetapi juga bisa menjadi jalur penting dalam jaringan gua di seluruh dunia.
Lisensi Creative Commons
Categories:
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!
Back to top
TO ADVERTISERS : ||| Untuk melihat UPDATE artikel terbaru dari blog ini, silahkan JOIN dengan blog kami... Melalui, ||| FACEBOOK PAGE ||| , ||| TWITTER ||| , ||| linkedin ||| , ||| Alpha.app.net ||| , atau dengan melihat, ||| Lintas Me ||| , Salam Admin ||| Cyber Seuramoe ||| TERIMA KASIH